Pengembangan Media Belajar Kontekstual

Updated: Sep 19, 2020

Pandemi Covid-19 telah memengaruhi sistem pendidikan di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia, yang memaksa para pendidik dan pelajar memutar otak untuk membawa pembelajaran yang berkualitas ke rumah.


Media belajar dapat menjadi sarana kreatif untuk mendampingi proses "Sekolah di Rumah", terlebih jika dirancang secara kontekstual dari hal-hal yang ada di sekitar kita. Yuk simak pengalaman Kak Rosa dan Kak Tyas sebagai tim pengembangan konten dan desain lembar kerja Aha! Project dalam mendukung generasi muda Indonesia melangkah menuju pembelajar mandiri yang dapat mengaplikasikan teori dalam kehidupan sehari-hari.

Merespon terguncangnya pendidikan Indonesia akibat pandemi, Kak Rosa dan Kak Tyas tidak tinggal diam. Dengan latar belakang sebagai guru sekolah dasar dan desainer grafis, mereka tergerak untuk merancang sebuah lembar kerja kreatif yang berbeda dari yang lain.


MEMPERSIAPKAN ANAK UNTUK HIDUP

Salah satu hal yang perlu ditekankan dalam pengembangan konten media belajar adalah bahwa kita sedang mempersiapkan generasi selanjutnya bersiap menghadapi kehidupan yang penuh dengan perubahan, lebih dari sekadar mengejar nilai rapor.


Untuk itu, Kak Rosa dan tim tidak hanya mengacu pada Kompetensi Dasar sesuai kurikulum nasional, namun juga Kebutuhan anak di masing-masing tahap pendidikan -- life skills. Materi pokok ini diracik dalam sebuah cerita perjalanan seorang tokoh muda yang menjelajahi Nusantara dengan keunikan budaya dan konteks di masing-masing daerah. Sehingga media belajar Aha mencakup baik dari segi pelajaran Sekolah Dasar hingga pendidikan karakter dan kebudayaan Indonesia.


MERANCANG LEMBAR KERJA

  1. Tetapkan tujuan pembelajaran.

  2. Rancang konten sesuai kebutuhan anak dengan bahasa yang sederhana -- pahami profil anak dan bahasa yang digunakan.

  3. Tambahkan aspek kearifan lokal yang ada di sekitar kita beserta koneksinya terhadap materi yang disampaikan.

  4. Anda juga bisa mengembangkan sebuah cerita untuk merangkai beragam materi di dalamnya.

  5. Rancang konsep desain dan mulailah membuat sketsa dasar lembar kerja.

  6. Digitalisasi konten dan desain.

  7. Bagikan lembar kerja yang Anda buat di www.ahaproject.id/kontribusi untuk menebar manfaatnya ke lebih banyak orang.

MENGHIDUPKAN LEMBAR KERJA

Bayangkan Anda adalah seorang koki yang ingin menyajikan hidangan khasnya secara menarik, tidak hanya sekedar memberikannya ke pelanggan.

  • Menu pembuka: Cerita/dongeng "Kakak punya pengalaman menarik..."

  • Menu utama: Permainan (metode kreatif penyampaian media belajar)

  • Menu penutup: Diskusi/refleksi

Konten itu satu hal, namun cara menyajikannya juga penting untuk kita perhatikan. Kita juga bisa mengajak anak-anak untuk berkreasi membuat cerita dan materinya sendiri. Dari satu aspek kehidupan, kita bisa mencakup beberapa kompetensi mulai dari ilmu, pendidikan karakter, kreativitas, dan lain sebagainya.


Dari sebuah media belajar yang sederhana dapat muncul beragam aktivitas menarik yang menjadikan proses pembelajaran menjadi berkualitas dan menyenangkan. Pada intinya, #mainbareng #ngobrolbareng #beraktivitasbareng.

82 views0 comments

Recent Posts

See All