top of page
Writer's pictureRedaksi Aha Project.id

Dinamika Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19

Updated: Sep 20, 2020

Covid 19 hinggap, pendidikan di Indonesia menjadi tergagap. Pembelajaran di sekolah langsung beralih semua ke rumah. Guru tidak siap, orangtua tidak siap, anak-anak menjadi terengap engap. Sistem pendidikan di Indonesia dan mungkin terjadi juga di berbagai negara berkembang lain, tidak siap untuk menghadapi bencana.



METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA PANDEMI


Berikut adalah berbagai metode beserta sifat pembelajarannya yang dipakai oleh para guru selama menjalankan pembelajaran jarak jauh. Kajian data yang dikumpulkan oleh Federasi Serikat Guru Indonesia ini memberikan bukti bahwa banyak siswa dan guru di Indonesia tidak bisa memenuhi interaksi digital yang ideal selama Pandemi Covid 19 ini.


TANTANGAN

Tidak semua anak memiliki nasib yang sama. Sehingga pembelajaran yang harusnya menjadi hak setiap anak Indonesia di negeri tercinta ini, selama covid 19 menerpa membuka jurang pemisah yang menganga lebar. Tidak semua daerah akses internetnya memadai, tidak semua anak terfasilitasi dengan gadget dan orangtua yang selalu update.




INISIATIF MASYARAKAT


Tidak perlu menunggu pemerintah, tidak perlu menunggu munculnya kebijakan baru, kepalang kondisi berantakan di lapangan. Masyarakatpun kepeduliannya naik selama Covid 19 ini meluluhlantakkan negeri ini. Mereka saling berkolaborasi, saling memberikan energi untuk bisa bertahan hidup secara mandiri. Salah satunya adalah insiatif dari para anak muda yang ingin memberikan kesamaan hak belajar setiap anak Indonesia dimanapun mereka berada dengan memberikan berbagai lembar kerja yang bisa diunduh gratis di web www.ahaproject.id . Setelah itu membuka peluang ke semua masyarakat lain untuk bisa berkontribusi sesuai dengan kesanggupannya masing-masing. Ada yang berkontribusi menjadi local champion, kakak pendamping yang senantiasa siap mengantarkan lembar kerja yang ada. Tidak hanya itu para local champion ini juga menjadi pendamping adaik-adiknya belajar. Menjadi Kontributor Materi Lembar kerja. Apabila ada masyarakat yang bisa membuat lembar kerja atau e book , diberikan peluang untuk menjadi kontributor materi.

Menjadi supporter dana dan supporter informasi. Buat yang memiliki kelonggaran finansial bisa menjadi supporter dana project ini atau memiliki informasi wilayah yang kondisi anak-anaknya memerlukan bantuan selama proses #belajardirumah bisa memberikan support informasi.



25 views0 comments

Comments


bottom of page